20 Mei 2022

Jalanan Jogja

Menyusuri Jalanan Jogja

Pantai terkenal di Bantul, Parangtritis. Wisatawan menyusuri Pantai Parangtritis menggunakan delman. Foto: Jalanan Jogja.

Pantai terkenal di Bantul, Parangtritis. Wisatawan menyusuri Pantai Parangtritis menggunakan delman. Foto: Jalanan Jogja.

4 Pantai Terkenal di Bantul yang Tetap Menarik Dikunjungi

Sejumlah orang percaya bahwa Pantai Parangkusumo termasuk salah satu pantai yang keramat.

JALANAN JOGJA – Ada 4 pantai terkenal di Bantul yang  selama ini menjadi tujuan pengunjung, baik itu dari kawasan Jogja dan sekitarnya maupun dari luar Jogja.

Keempat pantai yang ada di Kabupaten Bantul tersebut seluruhnya merupakan pantai selatan Jawa sehingga tidak mengherankan jika ombaknya cenderung tinggi.

Kalau kamu berniat dolan ke empat pantai itu sebaiknya cukup berada di pinggir karena cukup berbahaya bermain air di sana.

Kali ini kita menyusuri jalanan Jogja mengarah ke selatan ke tempat keempat pantai itu berada.

4 Pantai Terkenal di Bantul:

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis sangat familiar di kalangan wisatawan khususnya wisatawan lokal.

Tempat wisata ini terletak sekitar 26 kilometer ke arah selatan dari titik nol kilometer Jogja. Untuk menuju pantai ini kamu bisa menggunakan kendaraan sewaan atau kendaraan pribadi.

Jika kamu menggunakan kendaraan sendiri, rute yang harus kamu tempuh tidak terlalu sulit.

Dari arah titik nol kilometer Jogja kamu tinggal berkendara ke arah timur hingga menemukan perempatan pertama, yakni perempatan Gondomanan.

Selanjutnya, kamu harus berbelok ke kanan, dan terus mengikuti jalanan itu menuju ke arah selatan.

Jika lalulintas sedang lancar, satu jam kemudian kamu sudah bisa merasakan deburan kencang ombak pantai selatan, persis degup jantungku saat jemari kita bersentuhan.

Di sekitar Pantai Parangtritis, kamu bisa melihat tebing batu karang yang menjulang kokoh, seperti kokohnya perasaanku padanya, dan sekokoh niatnya meninggalkanku.

Kamu juga bisa berswafoto dengan latar belakang lautan lepas, menyusuri pantai menggunakan delman, menyewa ATV, dan yang tak kalah syahdu, menikmati sore yang beranjak menuju senja.

2. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo terletak tepat di sebelah barat Parangtritis. Tak jarang pengunjung atau peziarah menggelar ritual tertentu di pantai ini, seperti labuhan dan sebagainya.

Mengutip laman resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, sejumlah orang percaya bahwa Pantai Parangkusumo termasuk salah satu pantai yang keramat.

Ada kepercayaan dari masyarakat sekitar dan sebagian masyarakat luar bahwa gerbang menuju keraton gaib keraton Laut Selatan terletak di kawasan pantai ini. Keraton Laut Selatan adalah kerajaan Ratu Laut Selatan.

Pantai terkenal di Bantul, Pantai Parangkusumo. Sejumlah orang menggelar labuhan di Pantai Parangkusumo. Foto: Jalanan Jogja

Kalau kamu dolan ke Pantai Parangkusumo, kamu bukan hanya bisa menikmati pemandangan laut dan kencangnya angin yang menyibakkan rambutmu.

Di kawasan ini juga terdapat gumuk pasir atau lautan bukit pasir, yang hanya ada tiga di Asia Tenggara, selain di Filipina dan Vietnam.

Kamu bisa meluncur di gumuk pasir menggunakan sandboard. Harga sewa sand board tersebut berkisar Rp50 ribu hingga Rp200 ribu, lengkap dengan helm dan pelindung siku.

3. Pantai Depok

Pantai Depok merupakan satu dari 4 pantai terkenal di Bantul, juga masih berada di kawasan Parangtritis. Letaknya sekitar 1,5 kilometer ke arah barat.

Di sini kamu bisa puas membakar ikan dan menyantap beragam makanan laut, yang bisa kamu beli di tempat pelelangan ikan di kawasan pantai.

Baca juga: Spot Riyadi, Lokasi Asyik Saksikan Stupa Candi Prambanan

Kalau kamu malas atau tidak bisa memasak sendiri ikan dan makanan laut lain, atau ingin lebih praktis, kamu bisa membeli seafood olahan yang banyak tersedia di warung-warung Pantai Depok.

Seafood yang bakal kamu nikmati hampir pasti segar, karena para penjual membelinya langsung dari para nelayan yang bersandar di situ.

4. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara terletak di dekat perbatasan Kabupaten Bantul dan kabupaten Kulon Progo.

Sesuai dengan namanya, di Pantai Goa Cemara terdapat banyak pohon cemara pantai, sehingga meskipun kamu berkunjung di siang hari, cuaca akan tetap tersas sejuk.

Hampir sama dengan pantai lain di Bantul, ombak di pantai ini relatif tinggi dan cukup berbahaya jika bermain air.

Selain menikmati rindangnya pohon cemara, di sini kamu juga bisa naik ke atas mercusuar setinggi 40 meter.

Pengunjung Pantai Goa Cemara juga kerap datang untuk berziarah dan menggelar ritual seperti labuhan.

Waktu yang paling cocok untuk mengunjungi Pantai Goa Cemara adalah sore hari, saat matahari mulai beranjak ke barat menjemputt senja.

Suasana di tempat itu cukup romantis, dan sangat mungkin akan membuatmu rindu untuk kembali berkunjung.

 415 kali dilihat,  6 kali dilihat hari ini

error: Content is protected !!