20 Mei 2022

Jalanan Jogja

Menyusuri Jalanan Jogja

Sejumlah pengunjung sedang menikmati keindahan obyek wisata Batu Eksotik Pendem, di Berbah, Kabupaten Sleman.

Baru Viral, Wisata Batu Eksotik Pendem di Berbah

Liburan murah di Jogja? Bisa banget. Kamu yang pengin jalan-jalan ke Jogja dan sekitarnya bisa menemukan sejumlah tempat dolan atau obyek wisata yang terbilang murah. Sebagian wisata murah itu merupakan wisata sungai. Mulai dari wisata Watu Kapal di sekitaran Jl Wonosari hingga Desa Wisata Srikeminut di Imogiri, Bantul, serta Batu Eksotik Pendem di Berbah.

Tapi, penyusuran jalanan Jogja hari ini, Minggu, 14 Maret 2021 bukan ke Watu Kapal atau Srikeminut, melainkan ke arah Batu Eksotik Pendem di Dusun Pendem, Kecamatan Berbah. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata murah yang terbaru. Obyek ini baru viral sebulan belakangan, setelah sejumlah pesepeda atau pegowes mengunjunginya dan mengunggah di akun media sosial.

Obyek wisata Batu Eksotik Pendem terletak di Dusun Pendem, Desa Tegaltirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, sekitar 15 kilometer ke arah timur Kota Yogyakarta, atau sekitar 30 menit perjalanan mengendarai sepeda motor.

Di sini kamu bisa bermain air dan menikmati indahnya bebatuan di pinggir sungai. Ada juga semacam bendung kecil yang mengalirkan air seperti air terjun. Suasananya cukup teduh dengan sejumlah pepohonan besar di sekitarnya. Kamu bisa berswafoto di situ.

Bukan hanya bisa berswafoto dengan latar belakang bebatuan sungai dan air terjun kecil. Di sini juga mengalir semacam sungai kecil jernih. Anak-anak bisa bermain dengan ban dalam bekas mengikuti arus air yang mengalir kencang. Pengelola menyewakan pelampung dari ban bekas untuk mereka bermain.

Sebagai destinasi baru, sarana dan prasarana di tempat ini masih sangat minim. Bahkan toilet umum untuk pengunjung pun sementara dalam proses pembangunan. Meski sarana dan prasarananya masih minim, kamu tidak perlu khawatir bakal kelaparan di sini. Sebab sudah ada beberapa penjual makanan di tempat ini. Kamu bisa jajan cemilan dengan harga yang nggak merobek kantung.

Hal lain yang tak kalah menarik adalah kamu bisa memancing ikan di atas lokasi wisata, tepatnya sebelum pintu air di sebelah timur lokasi wisata. Di sana kamu bisa bergabung dengan beberapa pemancing yang ada.

Suasana di obyek wisata yang sedang viral di Jogja, Batu Eksotik Pendem, Dusun Pendem, Desa Tegaltirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Bayar Seikhlasnya

Pengelola Batu Eksotik Pendem sudah menyiapkan lahan parkir yang cukup memadai untuk para pengunjung. Haya saja, saat akhir pekan tiba, lahan parkir belum mampu menampung seluruh kendaraan. Sebagian pengunjung harus memarkir kendaraannya di luar area parkir.

Pengelola juga belum mematok tarif masuk ke lokasi wisata. Bahkan para petugas yang menjaga dan mengatur kendaraan di area parkir enggan menerima bayaran.

Mereka justru mengarahkan para pengunjung untuk memasukkan uang seikhlasnya ke dalam kotak kayu yang tersedia di beberapa titik. Uang dari pengunjung itu nantinya akan digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana serta biaya perawatan.

Saat ini lokasi yang dijadikan obyek wisata belum terlalu luas, hanya di sekitar bendung kecil. Tapi, rencananya ke depan lokasinya akan diperlebar. Bebatuan cantik dan unik yang  menjadi daya tarik tempat itu masih memanjang, hingga beberapa puluh meter ke arah hilir sungai.

Jika kamu belum puas bermain air dan menikmati pemandangan di Batu Eksotik Pendem, kamu bisa langsung menuju ke Watu Kapal yang bisa ditempuh hanya dalam hitungan belasan menit dari situ. Atau kamu bisa mengunjungi obyek lain di sekitar situ yang sudah lebih dulu viral, yaitu Lava Bantal.

Lava Bantal dan Watu Kapal tidak kalah menarik dari Batu Eksotik Pendem. Selain sama-sama mengandalkan aliran sungai dan bebatuan sebagai daya tarik, keduanya juga termasuk obyek wisata murah. Nantilah kita bahas tentang keduanya, sambil menyusuri jalanan Jogja.

 767 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

error: Content is protected !!