19 Mei 2022

Jalanan Jogja

Menyusuri Jalanan Jogja

Candi Banyunibo di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, merupakan salah satu warisan keelokan masa lalu.

Candi Banyunibo Jogja, Keelokan dari Masa Lalu

JALANANJOGJA.COM – Candi Banyunibo Jogja, sebuah keelokan dari masa lalu. Candi ini adalah salah satu peninggalan sejarah yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menyusuri jalanan Jogja bukan hanya bisa menemukan hal unik dan kreativitas warga di masa kini. Banyak hal-hal dari masa lalu yang bisa kita temukan.

Mulai dari candi, seperti Candi Banyunibo, peninggalan-peninggalan bersejarah, dan tentang bayang wajahmu.

Dari puluhan, bahkan mungkin ratusan peninggalan sejarah masa lalu, beberapa di antaranya berupa candi. Ada sejumlah candi di wilayah Yogyakarta atau Jogja.

Sebut saja Candi Ijo, Candi Abang, Candi Klodhangan, Candi Sambisari, Candi Kalasan, hingga Candi Banyunibo.

Kali ini kita menyusuri jalanan menuju Candi Banyunibo. Letaknya sekitar 5,6 kilometer dari Candi Prambanan, atau sekitar 16 kilometer ke arah timur dari kawasan Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja, tepatnya di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman.

Beberapa sumber menjelaskan bahwa Candi Banyunibo Jogja merupakan kompleks candi Buddha, dengan jumlah candi yang ada sebanyak tujuh candi.

Induk Candi

Dari ketujuh candi itu, satu di antaranya merupakan candi induk yang menghadap ke arah barat.  Candi induk di Candi Banyunibo berukuran 15,325 meter x 14,25 meter, dengan tinggi 14,25 meter.

Enam lainnya berupa candi perwara yang berbentuk stupa berderet. Tiga candi perwara di selatan dan tiga candi perwara di timur candi induk.

Ukuran pondasi candi stupa di Candi Banyunibo, Jogja, hampir sama antara satu dengan lainnya, yakni sekitar 4,8 x 4,8 meter.

Saat mengunjungi Candi Banyunibo pada Selasa, 22 Maret 2021, suasana di sana cukup sunyi meski candi itu sudah dibuka untuk umum sejak beberapa waktu lalu, setelah sempat tutup akibat pandemi.

Ruangan di dalam candi induk Candi Banyunibo.

Suasana di kawasan candi cukup sejuk meski matahari bersinar cukup terik. Pemandangan pesawahan hijau di depan candi utama membuat mata menjadi lebih segar.

Seperti sebagian candi lain, dinding Candi Banyunibo juga memiliki sejumlah relief. Pada sebelah kanan misalnya, terdapat relief anak-anak yang mengerumuni sosok perempuan. Perempuan itu adalah Dewi Hariti, yang merupakan dewi kesuburan dalam agama Buddha.

Pada dinding sebelah kiri terdapat relief yang menggambarkan sosok pria yang sedang duduk, yang disebut-sebut sebagai suami Dewi Hariti, yakni Vaisravana.

Tarif Masuk Candi Banyunibo

Sebagai salah satu destinasi wisata sekaligus cagar budaya, harga tanda masuk ke kawasan Candi Banyunibo Jogja sangat terjangkau, yakni hanya Rp5 ribu untuk wisatawan domestik dan Rp10 ribu untuk wisatawan mancanegara.

Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar itu kamu sudah bisa menikmati megahnya candi karya leluhur. Kamu bisa berswafoto dengan latar belakang candi utama maupun beberapa arca yang ada di sekelilingnya.

Baca juga: Bukti Pernah ke Jogja, 5 Tempat Ini Sering Jadi Lokasi Swafoto

Selain Candi Banyunibo, masih ada sejumlah peninggalan dari masa lalu di Jogja, khususnya sekitar lokasi tersebut. Di sekitar situ ada Tebing Breksi, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, dan beberapa tempat wisata lain. Tapi, tentunya tidak termasuk kamu yang ada di masa laluku. Kamu tidak ada di situ, tapi tetap bersemayam dalam hati. Ah, lagi-lagi berbelok ke kamu.

Sayangnya, tidak banyak transportasi umum yang bisa mengantar sampai ke kawasan Candi Banyunibo. Tapi kamu bisa menggunakan jasa transportasi daring atau online, atau bisa juga menggunakan kendaraan sendiri berbekal aplikasi peta daring untuk tiba di Candi Banyunibo dan obyek wisata lain.

Pemandangan pesawahan di depan candi induk Candi Banyunibo.

Kalau nggak mau repot, kamu juga bisa menggunakan jasa biro perjalanan wisata yang banyak terdapat di Yogyakarta. Selain lebih mudah, tentu saja akan ada banyak pilihan kunjungan yang bisa mereka tawarkan.

 729 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

error: Content is protected !!