20 September 2022

Jalanan Jogja

Menyusuri Jalanan Jogja

Pasiraman Kali Opak.

Seorang pemancing duduk di tepi Sungai Opak, di Pasiraman Opak Tanjung Tirto, Berbah, Sleman, Jumat, 9 April 2021.

Dolan Syahdu di Pesiraman Tepi Sungai Opak

JALANANJOGJA.COM – Dolan syahdu di Pesiraman Tepi Sungai Opak setelah beberapa hari menyusuri jalanan Jogja dan mblusuk ke kompleks-kompleks makam.

Sekarang, kita kembali dolan alias berwisata. Tentu saja ke lokasi wisata yang asyik tapi nggak bikin kantung bolong, yaitu di tepi Sungai Opak.

Jujur saja, aku khawatir kamu bosan dengan tulisan-tulisan tentang makam, atau malah kamu jadi serem ngebuka jalanan jogja. Setakut perasaanku saat kamu mulai merajuk dan mengucapkan selamat tinggal.

Ah, sudahlah. Aku mulai bosan selalu mengaitkan kamu dalam semua tulisanku. Seolah-olah cuma kamu yang ada dalam pikiranku.

Seorang pengunjung berpose dengan latar belakang air terjun bendungan di tempat dolan atau wisata Pesiraman Opak Tanjung Tirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman.

Saat menyusuri jalanan Jogja hari ini, entah kenapa tiba-tiba kepikiran untuk menuju ke arah timur, tepatnya di sekitar Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman.

Tapi, ada untungnya juga  sih. Aku nemuin tempat yang teduh dan asyik buat nongkrong atau melepas penat. Lokasi tepatnya di Tanjung Tirto, Desa Kalitirto, Kecamatan Berbah, tepat di tepi Sungai Opak.

Seperti sebagian tempat di tepi sungai lainnya, di Pasiraman Opak Tanjung Tirto ini cukup banyak tumbuh rumpun bambu yang menjulang tinggi. Selain pohon-pohon bambu,  juga masih banyak jenis pohon besar lainnya di tepi Sungai Opak ini, sehingga suasananya begitu tenang dan teduh.

Papan peringatan yang ada di Pesiraman Opak Tanjung Tirto.

Deru riak air yang mengalir deras dari bendungan di arah hulu berpadu dengan gemericik di bagian bawah, seperti mengalunkan nada alam. Desau dedaunan bambu yang tertiup angin sore pun seperti tak mau kalah.

Sejumlah pemancing duduk di tepi sungai, menunggu ikan memakan umpan pada mata kailnya. Sementara di langit, awan kelabu masih menggantung menutupi cahaya matahari.

Sebenarnya, jika cuaca sedang cerah, tempat itu akan terlihat semakin indah. Cahaya matahari yang menembus celah dedaunan pasti akan membuat tempat ini menjadi sedikit lebih terang. Warna keemasannya akan menghangatkan siapa pun yang ada di situ.

Sayangnya sore itu mendung, membuat suasana di Pasiraman Opak Tanjung Tirto menjadi lebih gelap dan terkesan membosankan. Beruntung, air terjun di bendungan yang mengalir deras cukup indah untuk dijadikan latar belakang swafoto.

Dolan Syahdu di Pesiraman Murah Meriah

Pasiraman Opak Tanjung Tirto merupakan salah satu obyek wisata yang baru muncul. Lokasi ini viral saat para pegowes mulai mendatangi tepi Sungai Opak ini dan mengunggah foto-fotonya di media sosial.

Salah satu spot swafoto di tempat wisata Pesiraman Opak Tanjung Tirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman.

Saat ini pengelolaan Pasiraman Tanjung Tirto masih dari swadaya warga setempat. Meski demikian, sudah ada sejumlah sarana dan prasarana pendukung di situ, termasuk toilet umum.

Kamu juga nggak perlu bakal kelaparan saat dolan ke Pasiraman Opak Tanjung Tirto. Sebab sebagian warga membuka warung-warung kuliner di sekitar tempat itu, mulai dari soto hingga cemilan dan minuman ringan.

Selain jajanan dengan harga terjangkau, kamu juga tidak perlu khawatir membayar mahal untuk menikmati keindahan Pasiraman Tanjung Tirto, wisata di tepi Sungai Opak yang masih sangat alami. Para pengunjung hanya diminta membayar seikhlasnya untuk pengembangan dan pemeliharaan tempat itu.

Di situ kamu bisa bermain air sampai puas, berswafoto, memancing, atau sekadar duduk-duduk di tepi sungai di antara rindangnya pepohonan.

Untuk memudahkan para pengunjung yang akan menkmati keasrian Pasiraman Tanjung Tirto, warga setempat telah memperbaiki jalur akses menuju lokasi. Jalanan kecil yang menuju ke sana berupa paving blok.

Sayangnya lagi, tidak ada rute kendaraan umum yang melintasi kawasan itu, selain moda transportasi daring seperti ojek online, tentu saja.

Jika kamu mengendarai kendaraan pribadi untuk menuju ke Pasiraman Opak Tanjung Tirto, sebaiknya kamu berhati-hati. Sebab jalur menuju ke sana cukup curam dan menurun.

 790 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

error: Content is protected !!