20 September 2022

Jalanan Jogja

Menyusuri Jalanan Jogja

Bukit Klangon. Puncak Gunung Merapi yang terlihat berdiri kokoh di sebelah utara Bukit Klangon. Foto: Jalanan Jogja.

Bukit Klangon. Puncak Gunung Merapi yang terlihat berdiri kokoh di sebelah utara Bukit Klangon. Foto: Jalanan Jogja.

Melihat Dekat Gunung Merapi, 2 Tempat ini Sangat Rekomended

JALANANJOGJA.COM – Melihat dekat Gunung Merapi dapat kamu lakukan saat berkunjung atau dolan ke Jogja. Setidaknya ada dua lokasi terbaik untuk menyaksikan gunung itu dengan jelas.

Di Jogja, terkadang sulit membedakan antara mblusuk dan dolan. Sebab, nggak jarang kita berniat dolan, tapi ternyata dapatnya justru blusukan.

Begitu juga sebaliknya, kadang niat kita ingin mblusuk, tapi jadinya justru berwisata. Mungkin karena setiap sudut Jogja menarik untuk blusukan sekaligus dolan.

Kali ini kita menyusuri jalanan Jogja ke arah utara. Pastinya. Karena Gunung Merapi terletak di sisi utara Kota Yogyakarta.

Sebetulnya, dari pusat kota pun puncak Gunung Merapi dapat terlihat jelas, khususnya saat pagi dan sore hari menjelang senja.

Tapi, melihat dekat Gunung Merapi sudah pasti memberikan sensasi tersendiri, khususnya buat kamu yang memang menyukai keindahan alam pegunungan.

Di Jogja, tepatnya di Kabupaten Sleman, ada dua tempat menarik yang bisa kamu datangi untuk melihat dan memotretnya dengan sangat jelas (saat cuaca cerah).

Kedua tempat itu adalah Bukit Klangon dan Bunker Kaliadem, yang letaknya hanya sekitar lima kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Melihat Dekat Gunung Merapi dari Bukit Klangon

Bukit Klangon terletak di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di sini, kamu bisa kemping atau berkemah dan menikmati keelokan Gunung Merapi, serta sejuknya pagi berselimut kabut.

Selain udaranya sangat sejuk dan alami, dari Bukit Klangon kamu juga bisa melihat puncak Gunung Merapi dengan sangat jelas.

Kalau kamu berniat untuk berkemah di tempat ini, kamu bisa menghubungi pengelola yang berkantor di sisi kanan gerbang utama tempat ini.

Tapi ingat, ada sejumlah aturan yang harus kamu patuhi jika ingin ngecamp di tempat itu. Di antaranya, kudu reservasi terlebih dahulu.

Selain itu, berkemah hanya boleh kamu lakukan pada malam Sabtu, malam Minggu, atau malam hari libur nasional lainnya.

Pengelola mematok biaya retribusi camping sebesar Rp15 ribu per orang.

Di situ kamu juga nggak boleh mencari sembarangan mencari kayu bakar dan membakarnya.

Pengelola juga mengimbau agar pengunjung yang berkemah meningkatkan kewaspadaan terkait status Gunung Merapi.

Oh iya, saat berkemah di Bukit Klangon Jogja, kamu nggak perlu khawatir bakal kelaparan jika kehabisan bekal.

Di bagian depan lokasi, tepat di samping gerbang masuk, terdapat sejumlah penjual kuliner. Kamu bisa membei di situ kalau tidak sempat membawa bekal.

Foto-foto Bukit Klangon dapat kamu lihat di sini.

Bunker Kaliadem

Lokasi lain untuk melihat angkuhnya Merapi dari dekat adalah Bunker Kaliadem, yang terletak di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, beberapa kilometer ke arah barat Bukit Klangon.

Sedikit berbeda dengan di tempat pertama, di lokasi ini kamu tidak boleh berkemah atau mendirikan tenda dan bermalam. Sebab, lokasi ini masuk dalam wilayah rawan bencana.

Di Bunker Kaliadem, kamu bisa melihat dekat bunker yang pembangunannya pada tahun 2001 bertujuan sebagai lokasi berlindung orang-orang yang tidak sempat menjauh jika Gunung Merapi erupsi.

Namun, saat erupsi gunung tersebut pada tahun 2006 lalu, dua orang yang berlindung di dalam bunker justru tak tertolong nyawanya.

Mereka hangus karena kepanasan saat awan panas atau wedhus gembel tiba di tempat tersebut.

Kini, bunker itu menjadi salah satu obyek wisata. Kamu bisa berswafoto dengan latar belakang puncak Gunung Merapi yang mengeluarkan asap putih tipis.

Kalau kamu berniat ke tempat ini, sebaiknya saat pagi hari. Sebab, pada waktu-waktu itu Gunung Merapi akan terlihat sangat jelas, termasuk lekukan-lekukan di lerengnya.

Untuk cara menuju ke dua tempat itu, mungkin kamu bisa mencarinya di sini.

 8,155 kali dilihat,  45 kali dilihat hari ini

error: Content is protected !!