20 September 2022

Jalanan Jogja

Menyusuri Jalanan Jogja

Taman yang ada di area wisata Bukit Teletubbies, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Menikmati Senja di Bukit Teletubbies Jogja

Jumat, 9 April 2021 lalu, saat menyusuri jalanan Jogja, tanpa sengaja aku melewati sekitar Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan. Ada papan penunjuk jalan menuju Bukit Teletubbies di sana. Langsung terbayang empat boneka chubby berperut gendut.

Hari itu langit sedikit diselimuti mendung, jauh berbeda dengan suasana hati yang sedang cerah-cerahnya. Mau tahu kenapa suasana hatiku cerah? Rahasia dong.

Sepeda motor lawasku kupacu dengan kecepatan sedang, melintasi jalanan beraspal yang terkadang ada sedikit lubang. Melewati sejumlah petani yang sedang sibuk di sawah.

Buat kamu yang berencana jalan-jalan atau dolan ke Jogja, Bukit Teletubbies bisa menjadi salah satu tempat yang kamu masukkan dalam daftar lokasi kunjungan. Letaknya sekitar 21 kilometer ke arah tenggara dari pusat Kota Yogyakarta, atau sekitar 8 kilometer ke arah selatan dari kawasan andi Prambanan.

Sebelum tiba di Bukit Teletubbies, kamu bakal melewati Desa Wisata Rumah Domes di sisi kiri jalan. Rumah domes adalah rumah-rumah berbentuk seperti Iglo atau rumah khas Suku Eskimo. Rumah-rumah itu merupakan rumah tahan gempa.

Kalau kamu berniat dolan ke Bukit Teletubbies, sebaiknya kamu mengendarai kendaraan sendiri, sebab tidak ada angkutan umum yang melewati rute menuju ke sana. Jalanan menuju Bukit Teletubbies cukup menanjak dan berkelok-kelok. Ada baiknya kamu memeriksa rem dan kondisi mesin kendaraanmu sebelum berangkat.

Perjalanan yang cukup memacu adrenalin itu akan terbayar lunas dengan keindahan pemandangan di Bukit Teletubbies. Di sana kamu bisa melihat pesawahan dan rumah-rumah warga dari ketinggian. Bahkan, jika cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat kokohnya Gunung Merapi berdiri di sebelah utara.

Senja di Bukit Teletubbies Jogja

Sore itu, saat tiba di puncak Bukit Teletubbies, matahari masih sedikit tertutup awan. Tapi, pantulan sinarnya di sebelah barat memunculkan warna orange keemasan. Menurutku suasana ini sangat romantis, sangat cocok untuk kamu yang sedang berdua bersamanya, iya kamu. Apalagi jika melihatnya dari gardu pandang yang ada di bukit itu.

Seorang pengunjung berpose di salah satu spot foto Bukit Teletubbies.

Daya tarik utama wisata bukit Teletubbies Jogja ini memang pemandangan alam, khususnya saat matahari terbenam atau sunset. Kamu bisa menunggu senja tiba sambil menggenggam jemari orang terkasih. Atau kalau tidak ada jemari yang bisa digenggam, mungkin kamu bisa menggenggam tiang-tiang gardu (maaf cuma bercanda).

Sebenarnya bukan hanya pemandangan di kajauhan yang bisa kamu  nikmati dari tempat ini. Taman yang ada di bawah gardu pandang juga cukup menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Kamu bisa berpose sambil memegang lampu taman yang tampak klasik, atau rebahan di rumput dan meminta temanmu memotret dari atas gardu.

Untuk menikmati itu semua di Bukit Teletubbies Jogja, kamu cukup membayar Rp5 ribu per orang, ditambah biaya parkir sepeda motor sebesar Rp2 ribu atau Rp5 ribu untuk kendaraan roda empat.

Kamu juga tidak perlu khawatir bakal kelaparan di situ meski tidak membawa bekal makanan. Ada beberapa warung yang menjual makanan dan minuman ringan di sekitar Bukit Teletubbies.

Pengelolaan obyek wisata yang resmi beroperasi pada tahun 2017 ini dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumberharjo.

Lokasi Berkemah

Buat kamu yang hobi berkemah, pengelola tempat wisata Bukit Teletubbies Jogja menyiapkan tempat untuk mendirikan tenda. Kamu cukup membayar Rp100 ribu per tenda jika menggunakan tendamu sendiri, dan Rp150 ribu jika menggunakan tenda dari pengelola.

Pemandangan saat matahari terbit atau sunrise di tempat itu juga cukup indah, meski tidak bisa melihatnya secara langsung karena terhalang oleh perbukitan di sisi timur.

Jika beruntung, kamu juga bisa menikmati layar tancap gratis di sekitar panggung Bukit Teletubbies. Pengelola menggelar layar tancap sebagai hiburan untuk warga sekitar. Panggung itu terletak di sisi kanan bawah dari area parkir.

Dulunya pengelola menampilkan live music di panggung tersebut, namun saat pandemi, tidak ada lagi live music untuk sementara waktu.

Setelah puas berfoto dan menikmati keindahan panorama di Bukit Teletubbies, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat dolan atau obyek wisata lain yang terletak tidak jauh dari situ, seperti rumah domes, Tebing Breksi, Candi Banyunibo, Lava Bantal, Candi Barong, Spot Riyadi, bahkan Candi Prambanan.

 799 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

error: Content is protected !!