21 Mei 2022

Jalanan Jogja

Menyusuri Jalanan Jogja

Seorang pengunjung Rawa Kalibayem menemani anaknya bermain di bawah lampion di tepi danau, Rabu, 31 Maret 2021.

Menikmati Senja Sekaligus Ngabuburit di Rawa Kalibayem

Kamu punya rencana berkunjung ke Jogja saat bulan suci Ramadan? Kalau iya, tenang aja, kamu nggak perlu khawatir kekurangan tempat ngabuburit buat menunggu waktu berbuka puasa.

Ada banyak tempat di Jogja yang bisa kamu kunjungi untuk ngabuburit bareng orang tersayang. Mulai dari sepanjang kawasan Malioboro, alun-alun, atau sejumlah tempat lain.

Kalau kamu punya cukup waktu, kamu bisa menyusuri jalanan Jogja ke arah barat, tepatnya di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul. Di sana ada tempat rekreasi yang murah meriah, namanya Rawa Kalibayem.

Saat ke Rawa Kalibayem tadi sore, Rabu, 31 Maret 2021, suasananya masih cukup lengang. Hanya ada beberapa pedagang yang menjaga lapak kuliner mereka. Kata seorang pedagang, biasanya tempat itu cukup ramai oleh pengunjung saat akhir pekan.

Untuk masuk ke area Rawa Kalibayem, kamu nggak perlu merogoh kantung dalam-dalam. Warga sekitar yang mengelola tempat itu belum mematok harga tanda masuk.

Kamu cukup membayar seikhlasnya untuk pengembangan dan perawatan ovyek wisata itu.  Pengelola menyediakan kotak kayu tempat kamu memasukkan uang.

Di Rawa Kalibayem kamu bukan cuma bisa menikmati tenangnya air danau dan pemandangan alam. Ada sejumlah spot berfoto yang cukup instagramable.

Di tengah danau terdapat satu lating semar berukuran cukup besar. Kamu bisa memotretnya dari tepi danau. Kamu juga bisa mendekati patung semar menggunakan perahu sewaan, kemudian berpose dengannya.

Atau, kalau kamu sekadar ingin menghabiskan waktu dan menunggu saat berbuka puasa, kamu bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau. Harga sewanya cukup terjangkau, hanya Rp5 ribu per orang.

Buat kamu yang hobi memancing, pasti merasa kurang lengkap jika wisata air atau danau tanpa menyempatkan diri untuk memancing. Di Rawa Kalibayem kamu bisa menyalurkan hobimu.

Pengunjung Rawa Kalibayem bisa mengelilingi danau menggunakan perahu yang disewa.

Menemani Senja

Kadang-kadang kita harus mengajak anggota keluarga kekasih untuk bisa pergi bersama. Jika adik kekasihmu harus ikut menemanimu ngabuburit, kamu tidak perlu khawatir dia bakal bete di Rawa Kalibayem.

Ada spot permainan anak di tempat itu, baik di sebelah barat danau maupun di sisi timur. Namun sayang, permainan yang disediakan belum terlalu lengkap, hanya berupa ayunan anak-anak.

Tapi, jangan khawatir, kamu bisa mengajaknya naik perahu bebek sambil menikmati cahaya keemasan matahari senja. Kamu juga bisa menceritakan padanya bahwa pantulan cahaya matahari pada air danau seperti kemilau sinar mata kakaknya yang cantik.

Atau, kalau dia menyukai tebak-tebakan, berikan tebakan tentang kedalaman air danau. Katakan padanya bahwa dalamnya air danau itu tak sedalam perasaanmu pada kakaknya.

Ucapkan kalimat-kalimat itu dengan suara yang jelas, agar sang kakak turut mendengarnya. Tapi, bisikkan pada adiknya, bahwa danau ini cukup dalam untuk seorang anak yang suka melapor pada orang tuanya.

Saat matahari perlahan menghilang di barat dan cahayanya semakin meredup, itu tanda bahwa waktu berbuka puasa sudah hampir tiba. Waktunya kamu mengeluarkan bekal atau mendatangi warung-warung kuliner di tepi danau untuk menyiapkan makanan berbuka puasa.

Oh iya, untuk menuju Rawa Kalibayem bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau ojek daring dan semacamnya. Sebab, tidak ada moda transportasi umum lain yang melewati daerah itu.

 642 kali dilihat,  6 kali dilihat hari ini

error: Content is protected !!