21 Mei 2022

Jalanan Jogja

Menyusuri Jalanan Jogja

Pintu masuk utama Museum Benteng Vredeburg. Foto: Jalanan Jogja.

Pintu masuk utama Museum Benteng Vredeburg. Foto: Jalanan Jogja.

Museum Benteng Vredeburg Jogja, Lokasi Instagramable untuk Belajar

JALANANJOGJA.COM – Museum Benteng Vredeburg Jogja di kawasan titik nol kilometer atau di ujung selatan Malioboro, mungkin pernah kamu kunjungi. Tapi kini ada yang berbeda.

Ada yang berbeda dan baru di kawasan Museum Benteng Vredeburg Jogja. Kamu bukan hanya bisa belajar sejarah melalui benda-benda koleksi museum dan penjelasannya.

Sejak beberapa waktu lalu, pengunjung dapat mengunjungi taman yang terletak di sisi selatan jalan masuk area benteng.

Di situ tersedia sejumlah bangku dan taman bermain untuk anak-anak. Mereka bisa bermain luncuran atau sekadar berjalan-jalan sambil menikmati keteduhan tempat itu.

Buat kamu yang hobi berswafoto, selain dolan, kamu bisa berpose dengan latar belakang patung Monumen Serangan Umum 1 Maret. Lokasinya bisa kamu lihat di peta ini.

Dari lokasi itu pula kamu bisa memoret dua gedung lawas peninggalan zaman Belanda di kawasan titik nol kilometer Jogja, yaitu Gedung Bank Indonesia dan Kantor Pos Besar Jogja.

Selain taman di sisi selatan, di sisi utara jalan masuk area benteng juga terdapat taman lain, tapi fasilitasnya tidak selengkap yang ada si sisi sebaliknya.

Di situ juga terdapat lokomotif kereta api lawas yang bertengger angkuh menghadap ke selatan. Seangkuh dan sekokoh dinding hatimu menutupi perasaan.

Di taman sisi utara ini, juga terdapat sejumlah bangku yang dapat kamu gunakan untuk beristirahat setelah lelah berkeliling museum atau menyusuri kawasan Malioboro.

Baca juga: 4 Pantai Terkenal di Bantul yang Tetap Menarik Dikunjungi

Tapi, sebaiknya kamu masuk ke area museum terlebih dahulu sebelum bermain dan melepas penat di taman itu.

Sebab, berjalan keliling area museum untuk melihat diorama dan koleksi yang ada cukup melelahkan, ya, meskipun tidak semelelahkan menunggu tanpa kepastian.

Koleksi Museum Benteng Vredeburg Jogja

Oh iya, sebelum kamu masuk mengunjungi Museum Benteng Vredeburg, mungkin informasi mengenai harga tiket masuk akan berguna.

Tarif tiket masuk ke museum ini sangat terjangkau dan tidak bikin kantungmu jebol. Untuk orang dewasa, harga tiketnya hanya Rp3 ribu per orang, sementara untuk anak-anak hanya Rp2 ribu per orang.

Sebelum memasuki area benteng, tepat di depan loket tiket, petugas akan memintamu untuk menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19, atau memindai kode batang (barcode) dengan aplikasi PeduliLindungi.

Setelah itu, petugas akan menyilakan untuk memeriksa suhu tubuhmu dan membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.

Sesudah itu, kamu bisa melenggang masuk ke area benteng dan museum.

Sebelum memasuki pintu utama, kamu bakal menemukan semacam kolam yang memanjang dari selatan ke utara.

Tenang saja, jalanmu tidak akan terhambat. Di situ terdapat semacam jembatan kecil yang dapat kamu lewati.

Bahkan di tempat itu kamu juga bisa berswafoto dengan latar belakang kolam maupun pintu utama area benteng yang bergaya kuno.

Setelah masuk ke area museum, kamu bisa memilih untuk memasuki ruang diorama 1 atau 2 terlebih dahulu.

Ruang diorama 1 terletak di sebelah kananmu atau di sisi selatan. Sedangkan ruang diorama 2 terletak di sisi utara.

Sebaiknya kamu memilih ruang diorama 2 terlebih dahulu. Karena dari ruang diorama 2, kamu bisa langsung masuk ke ruang diorama 3 dan 4. Setelah itu baru masuk ke ruang diorama 1.

Di ruang diorama 2, patung Fatmawati Soekarno yang sedang menjahit bendera merah putih akan menyambutmu. Kamu juga bakal menemukan mesin cetak kuno di situ.

Sejumlah diorama dan benda bersejarah koleksi museum pun ada di situ, lengkap dengan teks berisi penjelasan diorama.

Di ruangan selanjutnya, kamu bakal menemukan diorama dengan cerita yang lain, serta patung sejumlah pahlawan.

Begitu pula di ruangan lain. Ada sejumlah koleksi menarik yang tentu saja akan lebih memuaskan jika kamu datangi dan lihat sendiri.

Foto Kawasan Museum Benteng Vredeburg

 399 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

error: Content is protected !!