20 September 2022

Jalanan Jogja

Menyusuri Jalanan Jogja

Pemandangan pucuk stupa Candi Prambanan dilihat dari Spot Riyadi.

Spot Riyadi, Lokasi Asyik Saksikan Stupa Candi Prambanan

JALANANJOGJA.COM – Spot Riyadi mungkin menarik buat kamu yang udah tahu dan berkunjung ke Candi Prambanan. Pernahkah kamu melihat puncak stupa Candi Prambanan dari ketinggian di kejauhan?

Kalau kamu belum pernah melihat pemandangan itu, ada baiknya saat berkunjung ke Jogja nanti kamu dolan ke arah timur, tepatnya ke Spot Riyadi di kawasan Dawangsari, Sambirejo, Prambanan Dawang Sari, Dowang Sari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Lokasinya sekitar 20 kilometer ke arah timur dari pusat Kota Yogyakarta, atau sekitar 6 kilometer ke arah selatan Candi Prambanan. Spot Riyadi sebenarnya hanya persimpangan jalan, tetapi pemandangan dari tempat itu sungguh indah, bahkan jauh lebih indah daripada senyuman mantan.

Jika cuaca sedang cerah, dari Spot Riyadi kamu bisa melihat kokohnya Gunung Merapi berdiri di sebelah utara. Bahkan bukan hanya itu, hamparan sawah yang menghijau pun terlihat seperti permadani besar. Sesekali kendaraan melintas di jalanan antara pesawahan.

Pada waktu-waktu tertentu kamu juga bisa menyaksikan kereta api yang merayap dari arah timur ke barat atau sebaliknya. Pemandangan paling menarik adalah puncak stupa Candi Prambanan yang berada tepat di sisi puncak Gunung Merapi.

Kereta api yang melintas di kejauhan terlihat dari Spot Riyadi.

Kalau kamu berniat untuk menyaksikan matahari terbit atau sunrise dari tempat itu, kamu bisa berangkat saat dinihari. Sebab perjalanan ke tempat itu membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari pusat Kota Jogja. Medan menuju lokasi pun sedikit menanjak dengan aspal jalanan yang tidak terlalu halus.

Atau, kamu juga bisa menyewa tempat untuk berkemah di sekitar lokasi Spot Riyadi, yakni di warung kuliner tepat di seberang titik pandang. Pemilik warung menyiapkan lahan tak terlalu luas untuk pengunjung berkemah atau menggelar tenda. Tetapi, kini pengunjung harus membawa tenda sendiri.

Saat senja tiba, cahaya matahari berwarna keemasan terlihat sangat indah berpadu dengan hijaunya pemandangan. Sungguh tempat yang sangat cocok untuk berpose berdua bersama kekasih, bahkan jika harus berpose bersama rombongan.

Saat malam, tapi, lagi-lagi jika sedang beruntung, kamu bisa melihat lelehan lava pijar dari puncak Gunung Merapi.

Jajanan Murah

Meski letaknya cukup jauh dan sedikit terpencil, kamu nggak perlu khawatir bakal kelaparan saat berada di Spot Riyadi. Ada sejumlah warung kuliner di sekitar sana. Yang terdekat berada tepat di seberang spot.  Warung itu menyediakan beragam makanan dan minuman, mulai dari mie ayam, bakso, mie goreng, kopi, es teh, dll. Tetapi seluruhnya merupakan kuliner lokal.

Seorang pengunjung Spot Riyadi sedang berswafoto dengan latar belakang sawah dan pemandangan.

Pemilik warung mematok harga yang sangat terjangkau untuk kuliner yang dijualnya, mulai dari harga Rp10 ribu untuk seporsi mie ayam. Selain murah dan banyak pilihan, penataan warung yang berbentuk joglo atau rumah tradisional Jawa membuat suasana menjadi lebih adem meski terlihat jadul.

Namun sayangnya tidak ada moda transportasi umum yang melewati Spot Riyadi selain ojek online atau daring. Itu pun jika merrja bersedia mengantarmu ke sana. Tapi jangan khawatir, kamu bisa menyewa sepeda motor atau mobil untuk menuju ke sana.

Untuk menuju ke Spot Riyadi, kamu bisa menggunakan aplikasi peta daring. Atau jika kamu tidak mau repot, kamu bisa menggunakan jasa biro perjalanan yang tersebar di Jogja. Biro perjalanan wisata itu bisa memberikan pilihan paket wisata untuk area sekitar situ.

Sebab di sana ada sejumlah obyek wisata menarik. Mulai dari Candi Prambanan, Candi Banyunibo, Tebing Breksi, Candi Barong, Lava Bantal, serta sejumlah destinasi lain. Kalau kamu tertarik, kamu bisa menghubungi biro perjalanan wisata yang ada di Jogja, salah satunya adalah Jawara Wisata, di nomor +62821-3573-2100. Kamu bisa sekaligus menanyakan paket-paket wisata lain.

 882 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

error: Content is protected !!