20 September 2022

Jalanan Jogja

Menyusuri Jalanan Jogja

Bukit Klangon. Puncak Gunung Merapi yang terlihat berdiri kokoh di sebelah utara Bukit Klangon. Foto: Jalanan Jogja.

Bukit Klangon. Puncak Gunung Merapi yang terlihat berdiri kokoh di sebelah utara Bukit Klangon. Foto: Jalanan Jogja.

Foto Bukit Klangon Jogja, Bisa Kemah di Kaki Merapi

JALANAN JOGJA – Foto Bukit Klangon Jogja, kamu bisa dolan atau kemah sambil menikmati sejuknya pagi di kaki Gunung Merapi.

Bukit Klangon terletak di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar empat kilometer sebelah selatan puncak Gunung Merapi.

Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit untuk berkemah. Sebab, selain udaranya sangat sejuk dan alami, dari Bukit Klangon kamu juga bisa melihat puncak Gunung Merapi dengan sangat jelas.

Untuk ngecamp di tempat ini pengelola menetapkan sejumlah aturan, seperti dikutip dari Instagram Bukit Klangon, @pesona_klangon.

Beberapa aturan itu di antaranya, kamu kudu reservasi terlebih dahulu, kemudian hanya boleh berkemah pada malam Sabtu, malam Minggu, atau malam hari libur nasional lainnya.

Kamu juga wajib daftar ulang saat tiba di lokasi. Selain itu, pengelola mematok biaya retribusi camping sebesar Rp15 ribu per orang.

Di area camping atau kemah Bukit Klangon, kamu nggak boleh mencari kayu bakar sembarangan, dan kamu hanya boleh berkemah di area yang telah tersedia.

Pengelola juga mengimbau agar pengunjung yang berkemah meningkatkan kewaspadaan terkait status Gunung Merapi.

Kamu juga nggak boleh membuat gaduh, gak boleh meninggalkan sampah dan kotoran di lokasi perkemahan.

Hanya dua hal yang boleh kamu tinggalkan di situ, kenangan dan pelajaran. Persis seperti aku padamu, hanya menyisakan kenangan dan pelajaran, bahwa hidup tak selalu semulus jalanan baru.

Nah, tunggu apa lagi? Rencanakan liburanmu ke Jogja, dan masukkan agenda camping di Bukit Klangon dalam rencanamu.

Oh iya, saat berkemah di Bukit Klangon Jogja, kamu nggak perlu khawatir bakal kelaparan jika kehabisan bekal.

Di bagian depan lokasi, tepat di samping gerbang masuk, terdapat sejumlah penjual kuliner. Kamu bisa membei di situ kalau tidak sempat membawa bekal.

Di area Bukit Klangon juga tersedia sejumlah fasilitas pendukung.

Sepulang dari berkemah di Bukit Klangon, jika waktumu masih senggang dan masih ingin menikmati angkuhnya Gunung Merapi, kamu bisa melanjutkan ke Bunker Kaliadem.

Foto-foto di Bukit Klangon Jogja

 708 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

error: Content is protected !!