20 September 2022

Jalanan Jogja

Menyusuri Jalanan Jogja

pasar kangen yogyakarta 2022

Pasar Kangen Yogyakarta 2022, Beragam Hal Jadul Ada di Situ

JALANANJOGJA.COM – Pasar Kangen Yogyakarta 2022 bisa jadi tempat buat kamu bernostalgia dengan jajanan tempo dulu, dan menuntaskan kangen terhadap masa lalu.

Pasar kangen kali ini mulai sejak tanggal 18 hingga 27 Agustus 2022, dengan beragam kuliner, barang lawasan, hiburan, dan suasana jadul.

Kali ini pasar kangen berlokasi di Taman Budaya Yogyakarta, dan buka mulai pukul 13.00atau jam satu siang waktu Jogja, hingga pukul 21.00 atau jam sembilan malam.

Jalanan Jogja baru bisa mengunjungi pasar kangen pada Kamis, 25 Agustus 2022, itu pun menjelang sore, sekitar jam empat.

Suasananya beneran bikin ingat masa lalu. Kamu bisa nemuin jajanan yang saat ini udah lumayan langka di pasaran.

Dalang sedang memainkan wayang kancil di Pasar Kangen Yogyakarta 2022, Kamis, 25 Agustus 2022. Foto: Jalanan Jogja.

Muai dari carabikang, limun beragam rasa, sampai es gosrok. Udah pernah ngerasain es gosrok? Es gosrok terbuat dari es balok yang diserut.

Es gosrok jadul biasanya hanya terdiri dari dua rasa, yaitu rasa cokelat dan rasa frambozen. Kalau pengen nyobain, buruan datang ke pasar kangen sebelum tutup.

Kalau pengin nyobain jenis es jadul lain, di sini kamu juga bisa jajan es goreng, atau kalau pengin minuman sehat, beberapa jenis jamu juga ada di pasar kangen.

Bukan cuma kuliner, di pasar kangen ini kamu juga bisa menikmati sejumlah seni pertunjukan tradisional, seperti wayang Wa Cin Wa (wayang Cina Jawa), dengan tokoh Tionghoa.

Hari ini, kebetulan ada pertunjukan jathilan atau kuda lumping, dan wayang kancil. Wayang kancil menceritakan tentang kehidupan hewan, dan dibawakan dengan jenaka.

Sinden pada wayang kancil di Pasar Kangen Yogyakarta 2022, Kamis, 25 Agustus 2022. Foto: Jalanan Jogja.

Bukan cuma itu, buat kamu yang pengen mengoleksi bermacam pernak pernik jadul, di sini juga tersedia.

Mulai dari kaset, kamera analog, lampu minyak tanah, dan beberapa barang-barang unik lainnya.

Intinya, banyak hal dari masa lalu yang ada di sini, tapi tentu saja bukan kenangan dan kisah kita di masa lalu. Itu tak pernah lagi ada.

Pasar Kangen Yogyakarta 2022, Makin Malam Makin Ramai

Sepertinya pasar kangen kali ini cukup menarik minat banyak orang. Menurut beberapa orang yang sudah beberapa kali berkunjung, event ini tidak pernah sunyi dari pengunjung.

Hari ini pun demikian. Saat tiba di lokasi sekitar pukul 16.00, pengunjung sudah cukup membludag, dan semakin malam pengunjung semakin banyak.

Seorang pengunjung pasar kangen menuliskan kesannya terhadap acara ini. Foto: Jalanan Jogja

Sejumlah pengunjung tampak begitu menikmati sajian wayang kancil yang digelar di panggung Pasar Kangen. Mereka duduk di lantai, dan seperti tak terusik dengan lalu lalang pengunjung lain.

Sementara, di sisi lain, beberapa pengunjung terlihat memotret dan merekam suasana pasar kangen menggunakan kamera ponselnya.

Baca juga: Koran Dinding di Jogja, Masih Adakah?

Ada yang berswafoto dengan latar belakang tulisan-tulisan bernada lucu, ada yang memotret kuliner kesukaannya, dan ada yang menulis kesan di titik yang telah tersedia.

Pasar kangen tahun ini memiliki tagline “Ora Cucul Ora Ngebul”, yang mengandung ajakan untuk bangkit dan kembali bekerja.

Mengutip pemberitaan sejumlah media, Pasar Kangen Yogyakarta 2022 ini menggandeng 277 peserta terpilih dari hasil kurasi.

Salah satu stand kuliner jadul di Pasar Kangen Yogyakarta 2022. Foto: Jalanan Jogja.

Dari 277 peserta tersebut, 170 di antaranya peserta kuliner, dan 77 lainnya peserta penjual barang-barang lawas, serta kerajinan dan komunitas seni.

Baca juga: Fakta Menarik Warung Angkringan di Jogja, Menu hingga Lokasi

 6,670 kali dilihat,  137 kali dilihat hari ini

error: Content is protected !!