18 Mei 2022

Jalanan Jogja

Menyusuri Jalanan Jogja

Rujak es krim. Foto: Jalanan Jogja

Semangkuk rujak es krim segar. Foto: Jalanan Jogja

Rujak Es Krim Jogja, Jajanan Segar dan Adem yang Kudu Kamu Coba

JALANANJOGJA.COM – Rujak es krim khas Jogja, mungkin kamu belum pernah coba, tapi kalau kamu ke Jogja kemudian sempat mencoba jajanan segar dan adem ini, mungkin selanjutnya nggak akan terlewatkan.

Menyusuri jalanan Jogja kali ini, kita jajan, ngemil yang adem dan bikin seger, terlebih cuaca di Jogja beberapa hari ini sering terasa menyengat.

Mungkin ada penjual rujak es krim di sejumlah titik di kota ini. Tapi, kita menuju ke Jl Harjowintan, Kecamatan Pakualaman, Kota Yogyakarta.

Sebab, di situ satu-satunya lokasi penjual rujak es krim yang aku tahu. Sekalian bernostalgia masa kecil. Tempat penjualnya terletak hanya beberapa ratus meter dari tempatku sekolah saat SD.

Dulu, sering kali sepulang sekolah singgah di penjual rujak es krim. Saat itu penjualnya masih mangkal di bawah pohon tanjung, lengkap dengan gerobak dan kursi plastik.

Sejak beberapa tahun belakangan, penjual rujak es krim itu berjualan di rumah permanen, tepat di seberang tempatnya mangkal dulu.

Baca juga: Warung Angkringan Bersuasana Romantis, Griyo Kulo Cocok untuk Kamu

Buat kamu yang dari luar Jogja dan kepingin menjajal rujak es krim, lokasinya terletak sekitar dua kilometer dari kawasan Malioboro.

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa mengikuti peta Google ini, dan langsung cus ke tempat jualannya.

Waktu tiba di lokasi penjual rujak es krim, sudah ada beberapa pembeli yang menikmati segarnya rujak buah berpadu dengan es putar berwarna pink muda.

Paduan Sempurna Rujak Es Krim

Di depan warung tersebut satu unit gerobak masih terparkir, seolah menunjukkan bahwa dari gerobak itulah usaha rujak es krim tersebut berkembang.

Di atas meja utama, puluhan rujak yang sudah terbungkus plastik tertata di atas wadah, semacam nampan berukuran sedang.

Sementara, tidak jauh dari bungkusan rujak tersebut, piring-piring kecil berwarna putih tertata rapi. Piring kecil itu adalah tempat rujak es krim tersaji.

Tidak butuh waktu lama, hanya sekitar satu menit setelah memesan, rujak es krim segar sudah tersaji di atas meja.

Seperti namanya, rujak es krim terbuat dari rujak buah dan es krim putar. Nenas, pepaya, dan beberapa jenis buah lainnya, sangat terasa dalam sepiring kecil rujak.

Es krim putar tersaji di atas rujak. Paduan keduanya terasa sangat adem dan menyegarkan, persis seperti tutur kata dan tatapanmu dulu. Iya, dulu.

Yang lebih unik dari jajanan rujak es krim ini adalah penjual menyediakan sambal, iya, sambal seperti rujak pada umumnya.

Pembeli dapat menambahkan sambal tersebut sesuai dengan seleranya, dan yang pasti, sambal itu lumayan pedas, walaupun tidak sepedas makian serta sorot tajam matamu kini.

Oh ia, seporsi rujak es krim di tempat ini harganya Rp8 ribu. Tapi sepertinya kamu tidak bakal puas hanya dengan menyantap seporsi.

Kalau kebetulan kamu tinggal dan bermalam di Jogja bersama keluarga, kamu bisa membawakan rujak es krim untuk mereka.

Penjualnya telah menyiapkan puluhan bungkus rujak dalam plastik kecil, dan es krim beku yang sudah tersedia di dalam lemari pendingin.

Sebaiknya, masukkan agenda jajan rujak es krim ini dalam rencana  perjalananmu ke Jogja selanjutnya. Siapa tahu  kuliner ini bisa jadi favoritmu.

 1,491 kali dilihat,  23 kali dilihat hari ini

error: Content is protected !!