19 Mei 2022

Jalanan Jogja

Menyusuri Jalanan Jogja

Suasana halaman depan warung angkringan Griyo Kulo. Foto: Jalanan Jogja

Suasana halaman depan warung angkringan Griyo Kulo. Foto: Jalanan Jogja

Warung Angkringan Bersuasana Romantis, Griyo Kulo Cocok untuk Kamu

JALANANJOGJA.COM – Warung angkringan bersuasana romantis mungkin bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin jajan bareng teman atau pasangan.

Menyusuri jalanan Jogja kali ini, kita bukan dolan ke tempat wisata atau mblusuk ke tempat-tempat terpencil dan dingin.

Jogja sepertinya memang sangat identik dengan warung angkringan, tempat makan murah dan sangat membantu saat akhir bulan.

Sejak belasan, bahkan puluhan tahun lalu, orang sering menyebut warung angkringan dengan warung nasi kucing.

Sebab, nasi kucing menjadi salah satu menu wajib di hampir semua warung angkringan yang ada di sudut Jogja.

Beragam menu yang tersedia di angkringan Griyo Kulo. Foto: Jalanan Jogja

Penyebutan nasi kucing sebetulnya berdasarkan bungkusan nasi yang terlihat mungil. Padahal, sebungkus nasi kucing cukup mampu mengganjal perut saat kelaparan tengah malam.

Dulu, sejumlah mahasiswa yang berasal dari luar Jogja cukup menggemari nasi kucing dan menu lain yang tersedia di warung angkringan.

Selain harganya yang sangat terjangkau di kantong, warung angkringan biasanya ada di hampir setiap sudut jalanan Jogja, bahkan sampai di lorong-lorong.

Bukan sekadar jajan dan makan, di warung angkringan, mereka bisa bercerita tentang apa saja. Mulai dari pembahasan ringan seperti prediksi pertandingan sepak bola, hingga bicara tentang negara.

Tidak cuma itu, di warung angkringan, kamu bisa bergaul dengan beragam orang dari strata sosial yang berbeda.

Hingga saat ini warung angkringan masih cukup banyak di sudut Jogja, tidak jauh berbeda dengan kamu, selalu ada di setiap sudut hati ini.

Sejak beberapa waktu lalu, beberapa pemilik warung angkringan mulai berinovasi. Mereka tidak hanya menjual kuliner, tetapi juga suasana.

Lampu gantung di angkringan Griyo Kulo.

Inovasi lain adalah dengan menyediakan pembayaran nontunai. Pembeli cukup memindai kode batang atau barcode, dan jajanannya lunas.

Salah satu warung angkringan yang bukan sekadar menjual makanan dan minuman adalah warung angkringan Griyo Kulo, yang terletak di kawasan Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman.

Warung angkringan ini buka sejak pukul 10.00 WIB hingga sajiannya habis, atau maksimal pukul 22.00 WIB, mulai dari Selasa hingga Minggu.

Warung Angkringan Bersuasana Romantis di Tepi Sawah

Lokasi warung angkringan ini berada di tepi sawah, sehingga suasana alami sangat terasa di sini. Selain itu, penataannya pun terkesan klasik dengan bangunan rumah berdinding kayu.

Kamu tinggal memilih, apakah ingin duduk di dalam ruangan dengan furniture kayu model klasik, atau duduk di semacam gazebo yang terletak di halaman samping.

Di sini kamu juga bakal dihibur dengan musik yang mengalun pelan, syahdu dan romantis. Bahkan, jika kamu jajan saat malam hari, suara jangkrik dan kodok di sawah tak henti terdengar bersahutan.

Area parkir di warung angkringan ini cukup luas, bahkan jika kamu datang bersama rombongan sekali pun.

Jangan khawatir tentang harga. Pemilik warung angkringan ini mematok harga yang hampir sama dengan warung angkringan lain.

Pembeli sedang memilih beragam menu yang tersedia di angkringan Griyo Kulo. Foto: Jalanan Jogja

Baca juga: Warung Angkringan Puncak Bibis, Tempat Jajan Unik Instagramable

Oh iya, yang sedikit membedakan warung ini dengan angkringan lain adalah kemasan nasinya. Di sini pengemasan menggunakan plastik yang berbentuk kerucut.

Harga nasi kerucut di tempat ini Rp4 ribu per bungkus, sate ayam Rp3 ribu, sate bakso udang Rp4 ribu, sate telur puyuh Rp3 ribu, tahu goreng Rp1000, teh manis dingin Rp3 ribu, dan jahe panas Rp5 ribu.

Harga yang sangat terjangkau bahkan saat akhir bulan sekalipun, saat gajian atau kiriman dari orang tua belum datang, tempat ini bisa jadi pilihan.

Satu lagi, jahe panas di tempat ini sangat rekomended. Jahenya sangat terasa, dengan gula yang pas. Tidak terlalu manis.

Nasi kerucut dan sate telur puyuh di warung angkringan Griyo Kulo. Foto: Jalanan Jogja

Kalau kamu pengen nyobain suasana dan menunya, bisa ikuti peta ini.

 884 kali dilihat,  18 kali dilihat hari ini

error: Content is protected !!