21 Mei 2022

Jalanan Jogja

Menyusuri Jalanan Jogja

Sejumlah binatang melata, termasuk iguana, tersedia di pasar satwa dan tanaman hias Yogyakarta (PASTY).

Satwa Ekstrem Hingga Tanaman Hias di PASTY Jogja

Satwa ekstrem hingga tanaman his dapat kamu jumpai di pasar satwa dan tanaman Yogyakarta (PASTY).

JALANANJOGJA.COM – Satwa ekstrem hingga tanaman his dapat kamu jumpai di pasar satwa dan tanaman Yogyakarta (PASTY).

Seperti sebagian kota lain, di Yogyakarta atau Jogja juga tersedia tempat perdagangan satwa dan tanaman untuk para pehobi. Ya, pehobi taman dan satwa, khususnya burung berkicau di Jogja cukup banyak.

Dulu, belasan tahun lalu, pusat perdagangan satwa atau pasar satw terletak di kawasan Ngasem, tidak jauh dari situs cagar budaya Taman Sari.

Tapi, karena lokasinya yang sangat dekat dengan permukiman warga, pasar satwa itu kemudian pindah ke Jl Bantul, hanya beberapa ratus meter dari jalan lingkar atau ringroad.

Pemerintah Kota Yogyakarta memberi nama tempat itu dengan Pasar Tanaman Hias dan Satwa Yogyakarta (PASTY). Sejak pindah ke lokasi yang baru, para pedagang di sana bukan hanya menjual satwa dan perlengkapannya. Tetapi juga tersedia blok khusus penjual tanaman hias yang terletak di sisi barat jalan, sejajar dengan blok penjual ikan hias.

Saat mblusuk ke PASTY, terlihat sejumlah satwa yang sebagian orang menganggapnya ekstrem dan menakutkan di sana, seperti ular, biawak, serta sejumlah hewan melata lainnya.

Lokasi penjualan hewan melata itu terletak di bagian paling belakang PASTY yang ada di sisi timur jalan.

Seekor iguana yang dijual di PASTY.

Beberapa jenis hewan lain yang jarang terlihat di alam liar juga ada di tempat itu, seperti burung hantu, musang, kelinci, bahkan landak. Meski jarang terlihat di alam liar, tapi hewan-hewan di sana bukan termasuk kategori binatang yang langka.

Saat memasuki halaman PASTY, yang pertama kali bakal kamu temukan adalah para penjual pakan burung atau pakan ternak lain. Mulai dari ulat Hongkong, jangkrik, kroto atau telur semut, pelet, anak tikus, serta sejumlah pakan hewan lain.

Di situ kamu juga bisa menemukan bermacam jenis burung, mulai dari burung berkicau seperti love bird hingga burung merpati dengan harga beragam. Setelah membeli satwa di sana kamu bisa langsung membeli kandangnya sekalian, sebab sejumlah pedagang juga menyediakan  kandang.

Bermacam jenis pakan ternak juga tersedia di PASTY, termasuk beberapa macam ulat.

Mengenai harga satwa, para penjual mematok harga yang beragam, tergantung dari harga beli atau kesulitan mereka menemukan satwa tersebut. Tapi, secara umum harga satwa yang ditawarkan sangat terjangkau.

Bukan Cuma Satwa Ekstrem tapi Juga Ikan Hias

Setelah puas berkeliling dan melihat-lihat satwa di PASTY yang berada di sisi timur jalan, kamu bisa menyeberang ke sisi barat. Di sana tempat sejumlah pedagang menjual ikan hias. Salah satu yang cukup populer adalah ikan cupang atau ikan aduan.

Kamu bisa menemukan dan membeli ikan cupang berbagai jenis, mulai dari plakat, halfmoon, dan jenis lain. Warna ikan yang tersedia pun beragam, demikian pula dengan harga yang ditawarkan.

Ikan-ikan cupang itu terkadang tampak meliuk-liuk memamerkan siripnya yang berkilau. Sesekali mereka memekarkan insang saat saling berhadapan, sebagai tanda bahwa mereka sedang marah dan ingin bertarung. Seperti perasaanmu yang sering berubah-ubah, sekarang bilang rindu tapi 10 menit kemudian merajuk tanpa sebab yang jelas.

Selain ikan hias, para pedagang di situ menyediakan perlengkapan akuarium dan aquascape, mulai dari pompa udara, batang kayu, batu karang, hingga pakan ikan. Pakan ikan yang tersedia bukan hanya pakan ikan buatan pabrik, tapi juga pakan alami, seperti jentik nyamuk, cacing sutera, dan kutu air.

Seekor tupai yang bermain di dalam kandangnya di pasar satwa dan tanaman hias Yogyakarta (PASTY).

Kalau kamu pehobi tanaman hias, kamu tinggal berjalan beberapa puluh meter ke arah utara, di sana tersedia beragam tanaman dengan harga yang juga beragam.

Oh iya, untuk sampai ke PASTY tidak terlalu sulit. Ada sejumlah kendaraan umum yang melewati tempat itu, termasuk bus Transjoga. Kamu juga bisa menggunakan jasa transportasi daring.

 545 kali dilihat,  9 kali dilihat hari ini

error: Content is protected !!